STRATEGI MEMBANGUN BRANDING BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.36858/jcie.v1i1.2Keywords:
Communication, Branding Strategy, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu menjelaskan langkah-langkah yang prlu dilakukan oleh para pemangku kepentingan UMKM untuk menyusun strategi branding bagi para pemangku kepentingan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya.Salah satu permasalahan yang dihadapi sebagian besar UMKM adalah kurangnya pemahaman mengenai branding sebagai salah satu fungsi menjaga keberlangsungean usaha.Kebanyakan pengusaha UMKM masih fokus pada bisnis dan melupakan branding.Hal ini bisa jadi disebabkan oleh ketidaktahuan, ego atau sifat mereka yang tertutup terhadap ide-ide baru dan kepuasan yang cepat. American Marketing Association (AMA) sendiri mendefinisikan merek dagang sebagai nama, istilah, tanda, simbol atau desain, atau kombinasi di antaranya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dan pada akhirnya adalah untuk membedakannya dari merek lain. Kami memahami bahwa branding bukan hanya tentang pemasaran bertarget yang menarik untuk memilih kami di pasar yang dinamis ini, namun juga memungkinkan calon pelanggan melihat kami sebagai satu-satunya yang dapat memberikan solusi terhadap kebutuhan atau masalah mereka. Metode yang digunakan adalah deskriptif, bertujuan untuk menggambarkan setiap tahapan proses pelatihan. Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan dampak kognitif dan emosional. Hal ini terbukti efektif membantu memahami strategi branding yang bermasalah dan membantu strategi tersebut dipahami dan diterapkan pada UMKM mereka. Melalui pelatihan ini, kami berharap kedepannya semakin banyak pemangku kepentingan UMKM yang menyadari pentingnya peran komunikasi merek yang strategis dalam pengembangan bisnisnya.Serta kemampuan menyelesaikan berbagai permasalahan terkait strategi branding yang harus dimiliki setiap pelaku UMKM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.